Kamis, 30 Desember 2010

MBOLANG part 1 à BLOK M












Hari itu Minggu, 14 Nopember 2010, kita berempat memulai perjalanan mbolang yang pertama ke Blok M . Beberapa jam sebelumnya, aku dan alief ganti velg motor dulu,,saat keluar dari kost nya alief,,alief bilang: “wien, aku gak bawa STNK ne…”,dengan PeDe nya ku bilang : “halah,,gak papa….pasti tidak dipakek!”. Sialnya ditengah jalan tenyata ada operasi besar2an,,alhasil kita kena tilang. Setelah berdebat cukup lama dan sedikit konyol akhirnya kita membayar Rp 20000,-. Bilang aja tu polisi kalo mau minta duwit,,gak usah pakek ceramah2 dan bilang sok mau bantu. Bener2 sial. Di bengkel pun juga konyol,,motor di mutilasi.

Setelah semua urusan motor selesai, tepat pukul 15.00 WITS kita berangkat mbolang menuju pulau seberang. Aku berpasangan dengan ATM dan peta berjalan sebut saja namanya yuris (Tim A),,sedangkan sang tuan rumah (alief.red) berpasangan dengan Diana (Tim B). Meskipun kita berempat cewek semua, tetapi kita adalah wanita-wanita perkasa. Saat sampai di Jembatan Suramadu, ternyata kita diliput….hehehehe,,,jarang-jarang kita diliput.

Saat mulai menyusuri pulau Madura Tim A merasa sangat terkejut dengan jalanan di sana (yang ternyata masih bagusan jalanan di kampong ku). Sedangkan bagi Tim B jalanan itu sudah biasa. Tim B dengan Motor Satria nya(a.k.a impresa) dengan bangganya jalan ngebut,,,sedangkan Tim A agak nyantai karena kita benar-benar tidak tahu medannya. Kata Yuris “wan, lek awak’e dhewe kehilangan jejak terus nyasar gimana???”,,,hahaha”halah,,,jalanan mung sitok ae,,lek nyasar yo mbalik maneh…” bisa saja tanya ke penduduk”Pak,,sampan puniko pundi nggih??”,dasar bego’,,mana ngerti orang sana diajak jowoan dengan kromo inggil pula. Berhubung yang tim B menikmati perjalanan sendiri kita pun juga menikamati sendiri dan selalu membandingkan dengan tanah Jawa. “Kita seperti bule masuk kampung ya,,,kampung nya planet laen”….hahahahaha…bahasa yang sulit dimengerti dan bahkan aku tidak mau untuk mengerti. Tetep jawa yang terbaik.

Tepat pukul 5 sore waktu ssampang,,kita sampai di kota Sampang, kota yang paling kecil di Pulau itu. Kita bermalam di sana,,di rumah tantenya Diana,,karena ada emak nya Diana di sana. Baru istirahat beberapa menit kita langsung teringat sama Kaconk ’07 dan teman2 yang laen yang rumahnya di Sampang. Langsung kita beraksi dan melancarkan serangan busuk..(minta traktiran.red). aku kebagian menghubungi Kaconk’07 dan berhasil. Habis Isya’ kita ketemuan dengan dia. Malem habis mandi kita siap meluncur,,dan kita ke Indomaret dulu. Masuk Indomaret kita (yang Jawa) mendadak menjadi seperti artis,,pelayannya mlongo.hahahahahaha….begitu keluar dari Indomaret ternyata Kaconk lewat di depan,,langsung deh kita menuju ‘Monas’,,,eitsssssss,,,yang ini bukan ‘Monument Nasional’ melainkan ‘Monument Sampang’. Kita makan-makan disana tapi tetep dengan catetan ditraktir. pada saat itu aku ma Diana pesen Sate bumbu tiga porsi,,karena si aliph masih nyasar mencari kost cowoknya. Ternya si yuris mau yang laen..”wan, ketokane ayam e luwih menggiurkan,,warnae abang,.akuayam ae..”,,,”ehm..oke,,aku ralat pesenannya”. Ternyata terjadi misscom,,aku pesennya ayam panggang di pedagang yang beda..dan ayamnya warnae item.hahahahahaaaaaa…..kita makan sepuasnya…baru kemudian aliph dating dengan cowoknya, Yansah,,tapi kalo kita bilang itu Ferdi….abisnya mirip banget sich….:p si Aliph yang tadinya bilang laper gak mau makan, katanya mendadak kenyang. Si Kaconk’07 mengenalkan teman-temannya ke kita,,,(emboh,,,sopo ae jenenge,,,setiap abis kenalan langsung lupa namanya). Jam 21.30 kita harus sudah pulang, karena di sana tidak ada cewek yang keluyuran di atas jam 9 malem dan kalaupun ada pasti kita dianggep cewek tidak bener. Dalam perjalanan ke rumahnya Tantenya Diana kita misah dengan rombongan mereka dan bali lagi ke Toko baju…(kaya di pasar malem gitu). Dengan PeDe nya beli celana pendek yang murah2,,tapi saat mau dipakek pada kagak muat,,,kecuali aku. Punya Yuris malah langsung jadi Rok,,sedangkan alip dan Diana bener2 kagak bias ditarik ke atas. Sebelu tidur biasalah cewek,,,senengnya pada melacur….dan kita kirim salam buat salah satu temen Kaconk,,yang katanya pakek baju abu2,,,,”nah lu,,,yang mana yak???aku sudah tidak ingat wajahnya.” Kata Kaconk “kayaknya bakalan sukses ne empat sekawan empat hari mencari cinta di Pulau Madura..hahahaha”. gilaaaa kali tu anak,,,yang bener aja,,,sama sekali gak ada niatan buat mencari cinta disana.


Kita berniat melanjutkan perjalan jam 5 pagi,,tapi ternyata jam 5 baru pada bangun. Dan terpaksa keberangkatan molor sampai dua jam. Tepat pukul 07.00 WISampang kitra melanjutkan perjalanan,,cukup jauh memang,,,,jam 9 baru nyampek ke tujuan yang sebenarnya…Kota paling ujung timur,,,”SUMENEP”…kampungnya aliph.aku akui perjalanan pagi itu pemandangannya sangat indah,,,samping kiri jalan lautan yang warnanya biru dan tampak masih seperti alami.(dalam hati aku mikir,,beda banget sama kenjeran). Ternyata gang menuju rumahnya aliph berkelok-kelok,,,begitu sampai di depan rumah dia ud teriak2…”MAMA….MAMA….” dasar anak mama. Saat itu sepertinya bokong ku memang sudah penyet,,,hingga enaknya dipakek tengkurap. Sama emaknya aliph dibeliin ‘rujak’ yang ternyata kalo aku bilang itu bukan rujak,,tapi pecel. Aliph “ ini dia makanan Madura,,,rujak”,,,Diana gak doyan. Yuris+aku: “ lhawong pecel kok dibilang rujak,,,rujak apane????sing endi sing diarani rujak,,,lhawong kangkung dengan bumbu kacang kok rujak,,,jelas-jelas rasne koyo pecel,,tapi jek enakan pecel…” mama nya aliph: “rujaknya Madura emang seperti ini…”hahahahahahaha,,,ngakak semua. Selesai makan kita langsung cabut ke BNI dan Bengkel AHAAS…dan kalian tau,,,,puanasnya kagak nahan,,,,,,seperti mau pingsan kekurangan oksigen dan angin.

Setelah selesai urusan masing-masing kita cabut ke pantai Slopeng. Di slopeng kita bertemu dengan bule Amerika saat belie s Degan,,,dan kita berasa seperti Bule Jawa. Kata si Bule “it’s delicious,,what is this name???” Diana” this’s rujak”. Aku Cuma bias bergumam…”rujak kayak gini kok dibilang enek to yo……”:hoax….

Kita akhirnya masuk ke pantai,,,dan….”wow…..bener-bener alami….funtastic.”,..pantai slopeng,,dengan air biru kehijau-hijauan…..belum tersentuh……wonderfull…. Sampai petang kita bermain-main di sana….masuk ke air….:. Setelah cukup maen,,kita pulang,,,dan aku pulang dengan kondisi basah kuyup,,,tapi itu bukan masalah,,,aku kan kuat.hahahaha,,,”dasar anak gunung…”begitulah kata temen-temen ku.


Sampai di rumah alief,,kita mandi dan makan besar….dengan lauk ikan tongkol dan tahu. Enaknya….tapi sayang kurang pedes. Habis makan,,kita langsung tancap gas ke rumah fajar,,,dan sambutannya wow…hidangan pertama adalah bakso. Meskipun barusan makan,,tapi tetep ae abis baksonya,,dasar weteng karet…bakso abis,,masih ada hidangan pamungkas,,, ‘CAKE’. Kita awalnya mengira cake adalah kue,,tapi ternyata itu sedjenis capcay (kalo di jawa). Setelah makan besar dan bener2 perut gak kuat,,mata ud gak bias melek,,kita pulang,,,dan tidur dengan lelap….

Hari berikutnya,,,selasa 16 Nopember 2010.

Pagi hari belum mandi belum apa..kita langsung nyari sarapan, sesuai keinginan Diana, dia ingin makan dan memamerkan kalduh ke kita-kita,,,ya ud kita turutin aja… dan ternyata itu sebuah kesalahan. Makanan kacang ijo diolah dengan bumbu kalduh,,,oh men,,,yang doyang Cuma dikong seorang… “haduh…kita ini orang jawa asli,,,lidah jawa,,,,kagak doyan dengan makanan kaya’ ginian….ngebayangin aja ud eneg namget…” rasanya mau muntah dan perlu penetralisir secepatnya.

Inilah makanan kalduh itu….


Sampai di rumah,,langsung ku kupas mangga untuk menetralisir perutku…baru deh kita melanjutkan aktivitas selanjutnya….mandi dan pergi ke pantai lagi…kali ini ganti ke pantai Lombang. Kita ke pantai siang hari. Kita juga ngajak dua personel lagi,,,fajar dan kaconk.

Baru masuk lombang,,u dada oknum yang tidak bertanggung jawab…masuk pintu gerbang disuruh bayar karcis,,,,eh pas ud di dalem disuruh bayar lagi….bener2 menjengkelkan…


Sepulang dari lombang kita lengsung numpang istirahat,,,eh disuguhin ‘rujak’ lagi,,berhubung laper langsung ku sikat makanan itu.

Petangnya kita ke ‘taman bunga’ ,,hahahaha,,,..di sana ud ada temen-temen dari S1 yang baru dating…dan inilah foto2 kita saat kebersamaan itu.

Kita semua shalat maghrib di masjid agung,,,dan kesialan menimpa si Imam,,,hahahahah,,,,sendalnya dicolong…

“dasar orang Madura,,,tidak pernah ngliat sandal baru”

Malemnya kita berempat pergi ke salon untuk potong rambut…”busyet dah…ntu orang motong rambut apa motong kambing yak…mentang-mentang besok kurban…”

Potong rambut dalam 5 menit selesai,,,dasar tidak berperi kemanusiaan…

Cukup goceng….

Selanjutnya kita merayakan takbiran di taman bunga,,,makan-makan sampai malem…

Dan keesokan paginya,,,….telat bangun untuk shalat Ied….baru nyampek tengah jalan eh ud pada buyar…….”payah…”

Sebelum melanjutkan perjalanan pulang ke pulau jawa,,nyokapnya si aliph harus ngganti knalpot motor aliph…hahahaha,,,knelpot bisa patah jadi dua…

Hahahahaha,,….sebenarnya masih banyak hal yang belum aku ceritakan selama mbolang di pulau Madura,,,,tapi tangan ini sudah lelah untuk ngetik….

Maaf ya…untuk cerita lebih lanjut bisa menghubungiku langsung…

Dan untuk gambar-gambar yang lain bias di lihat di facebook dengan alamat email wienz_bloganz@yahoo.com

Sebutan baru untuk kita:

Me : ‘ban’

Alief : ‘knalpot’

Yuris : ‘jok’

Diana : ‘velg’

2 komentar:

  1. haha....kapan kau membuat ini?

    BalasHapus
  2. hahahaaaaaaaaaaa...........sudah lama sebenarnya conkk dan sebenarnya ini belum selesai...... :D :D :D

    BalasHapus