Kamis, 30 Desember 2010

teori antrean riset operasi dengan studi kasus pada kantor pos pusat Surabaya

ABSTRAK

Pada system antrian terdapat berbagai macam disipin antrian antara lain first come first serve (FCFS), last come first serve (LCFS), server in ranom out (SIRO), dan Priority. Sedangkan macam dari system antrian adalah single chanel-single phase, multi chanel-single phase, single chanel-multi phase, dan multi chanel-multi phase. Makalah ini membahas system antrian multi chanel-single phase dengan disiplin antrian first come first serve (FCFS) dengan jumlah server ada dua. Pada system antrian ini panjang antrian tidak terbatas atau infinite. Hasil analisis dari data sistem antrian loket kilat khusus di kantor pos Surabaya menunjukan bahwa nilai kegunaan sistem adalah 0,73 dengan tingkat kedatangan 38 dan tingkat pelayanan 26. Besarnnya probabilitas server menganggur adalah 0,384 dan besarnya probabilitas server sibuk adalah 0,616. Banyanya pelanggan di dalam antrian ada 2 dan banyaknya pelanggan di dalam system ada 3. Sedangkan waktu yang diperlukan pelanggan menunggu di dalam system adalah 0,0823 jam atau 4,9 menit dan waktu yang diperlukan pelanggan menunggu di dalam antrian adalah 0,0434 jam atau 2,6 menit.


selengkapnya klik di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar